Fakultas Sains dan Teknik Undana Menyelenggarakan Lomba Debat Bahasa Inggris

Tingkat persaingan sumber daya manusia (SDM) di pasar kerja nasional dan internasional terus meningkat seiring dengan pemberlakuan pasar bebas dan atau peningkatan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi baru pada berbagai bidang usaha, serta kebutuhan tingkat profesionalisme (knowledge, hard skill, soft skill) yang semakin tinggi.
Lomba Debat Bahasa Inggris bagi mahasiswa menjadi bagian penting dari kompetisi di era global. Lomba debat ini menuntut wawasan yang luas, kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan kemampuan berargumentasi. Kemampuan bahasa Inggris yang baik akan meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat internasional. Sedangkan kemahiran dalam berargumentasi akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk membuat keputusan berdasarkan analisis yang logis dan faktual.
Kegiatan debat menuntut mahasiswa tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, tetapi juga menuntut mahasiswa mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan publik. Di dalam debat, mahasiswa akan dihadapkan persoalan-persoalan nyata yang dihadapi suatu masyarakat atau bangsa. Mahasiswa harus mampu berposisi dan meyakinkan publik bahwa posisi mereka benar dan tepat. Oleh karena itu, debat merupakan media yang tepat dalam melatih kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa dalam skala internasional.
Untuk mendorong hal tersebut Fakultas Sains dan Teknik Undana setiap tahun menyelenggarakan Lomba Debat Bahasa Inggris yaitu sebuah kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka internalisasi semangat kompetisi positif yang bermuatan tuntutan kemampuan komunikasi dan argumentasi dalam berbahasa Inggris.

Untuk menjawab tantangan di era global ini maka Fakultas Sains dan Teknik Undana (Universitas Nusa Cendana) menggelar Lomba Debat Bahasa Inggris yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 17 Februari 2024, pukul 08.00 – selesai, bertempat di di Ruang Teater Gedung Rektorat Lantai 3.

Lomba debat bahasa inggris ini diikuti oleh 16 peserta yang merupakan utusan dari 11 program studi yang ada di Fakultas Sains dan Teknik Undana.

Dari hasil debat diperoleh pemenang, Juara I Tim Atenes (Program Studi Arsitektur), Juara II Tim 2 Matematika (Program Studi Matematika), Juara III Tim 3 Ilmu Komputer (Program Studi Ilmu Komputer), Juara IV Tim 2 Teknik Sipil (Program Studi Teknik Sipil) dan Juara Favorit Tim 1 Ilmu Komputer (Program Studi Ilmu Komputer).

Semoga dengan adanya lomba debat bahasa inggris ini dapat meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lisan, dan menciptakan kompetisi yang sehat antar mahasiswa, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis dan analitis, sehingga mahasiswa mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional, mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis serta memperkuat karakter mahasiswa melalui pemahaman akan permasalahan nasional dan internasional beserta alternatif pemecahannya melalui kompetisi debat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish