Olimpiade Nasional MIPA Fakultas Sains dan Teknik Undana Tahun 2024

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau ON MIPA merupakan lomba tingkat mahasiswa yang mengujikan salah satu mata bidang kimia, fisika, biologi, dan matematika. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau ON MIPA dilakukan Pemerintah sebagai upaya pemberdayaan mahasiswa dalam penguasaan ilmu dasar dan Matematika yang tujuan akhirnya untuk mendorong daya saing bangsa. Untuk menjawab tantangan Globalisasi yang telah mengubah tatanan hubungan antar negara-negara di dunia. Hanya negara dengan sumber daya manusia berkualitas yang menguasai IPTEK yang mampu bertahan dalam kompetisi barang maupun jasa di pasar dunia, maka Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana (Undana) menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau ON MIPA Tahun 2024. Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau ON MIPA Tahun 2024, dilaksanakan pada hari Sabtu, 09 Maret 2024, pukul 07.30-selesai, bertempat di Gedung MIPA Lantai 1 Fakultas Sains dan Teknik Undana.
Tujuan pelaksanaan kegiatan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) Fakultas Sains dan Teknik Undana Tahun 2024 adalah : mendorong peningkatan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa bidang MIPA, mendorong mahasiswa untuk lebih mengenal bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, memberikan masukan untuk perbaikan pembelajaran di perguruan tinggi dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, menjadi sarana promosi dan meningkatkan daya tarik Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi di tengah masyarakat.

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) Fakultas Sains dan Teknik Undana Tahun 2024 di mulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia Albert Zicko Johannes, S.Si., M.Si, beliau mengatakan bahwa Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) merupakan kegiatan nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Dikti, Tahap I di tingkat perguruan tinggi, Tahap II tingkat wilayah dan Tahap III di tingkat nasional.
Dalam sambutan dekan Fakultas Sains dan Teknik Undana Prof. Philiphi de Rozari, S.Si., M.Si., M.Sc., Ph.D mengatakan kemajuan suatu bangsa bila dilihat dari sejarah bangsanya salah satunya adalah bangsa itu memanfaatkan IPTEK.
Untuk sampai ke arah tersebut, kita harus memiliki portofolio, visi yang bagus. Portofolio itu menandakan kompetensi yang bagus. Oleh kerena itu pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Dikti mendukung dengan berbagai kegiatan nasional untuk mencapai cita-cita, salah satunya dengan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA). Sehingga kita menjadi orang yang lengkap, otak nya bagus, hatinya bagus, mentalnya bagus. Karena itu jangan tidur.
Semoha 4 program Studi yang ada di Fakultas Sains dan Teknik Undana bisa mewakili Undana di tingkat nasional.
Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) Fakultas Sains dan Teknik Undana Tahun 2024 diikuti oleh 80 orang peserta yang merupakan perwakilan dari 4 program Studi, dengan masing-masing program studi mengirimkan 20 orang peserta yang akan mengikuti seleksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish