KEBUNTOTO > Situs Slot Online Tergacor Hari Inikebuntoto

123 456 789

info@example.com

Goldsmith Hall

New York, NY 90210

07:30 - 19:00

Monday to Friday

Fakultas Sains dan Teknik Undana Menggelar Workshop Kewirausahaan dan Persiapan Memasuki Dunia Kerja

Perkembangan teknologi dan komunikasi di era digital saat ini membawah dampak bagi seluruh sektor kehidupan, tak terkecuali sektor bisnis yang kian kompetitif. Menghadapi situasi tersebut maka diperlukan adanya terobosan pemikiran yang bersifat kreatif dan inovatif dalam memulai suatu ide usaha.

Salah satu elemen masyarakat yang diharapkan mampu bersaing di masa depan dalam sektor bisnis adalah generasi muda khususnya mahasiswa. Mahasiswa yang memang dalam keseharian proses belajar mengajar mendapatkan banyak input di lingkungan akademik tentunya merupakan aset potensial generasi millennial untuk sukses bersaing dalam dunia bisnis.
Salah satu sektor strategis penopang pertumbuhan ekonomi adalah kewirausahaan. Dalam sektor ini terdapat wirausaha dalam berbagai perkembangan dari wirausaha dini/pemula hingga wirausaha mandiri. Wirausaha berkontribusi terhadap penciptaan lapangan pekerjaan baru, sudah saatnya generasi muda khususnya mahasiswa berwirausaha dengan menangkap peluang perkembangan industri digital yang berkembang pesat saat ini di Indonesia.
Potensi industri digital di Indonesia memang tidak dapat dipandang sebelah mata. Saat ini ada sekitar 202.6 juta pengguna internet dan 98.2% merupakan pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia. Ini adalah modal besar bagi mahasiswa untuk mengembangkan e-commerce dan bisnis berbasis teknologi digital di Tanah Air. Volume bisnis e-commerce di Indonesia diprediksi akan mencapai USD 124 miliar di tahun 2025
Di sisi lain, salah satu faktor pendukung yang menentukan kemajuan sebuah negara adalah jumlah entrepreneur. Hingga 2018 lalu, jumlah entrepreneur di Indonesia baru mencapai 3,1% dari total penduduk. Melihat fakta tersebut, mahasiswa memiliki peluang untuk menciptakan entrepreneur nation dengan memanfaatkan teknologi digital untuk wirausaha.
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, telah mendeklarasikan visi “Indonesia Digital Nation 2025” dengan salah satu target transformasi digital yaitu mencetak 5.000 startup. Sejalan dengan visi tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan para penggerak ekosistem digital, menginisiasi Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah kewirausahaan ekonomi digital di indonesia. Gerakan ini ditargetkan dapat membuat adanya kesempatan yang sama bagi calon startup founder di seluruh Indonesia untuk terhubung pada ekosistem startup digital.
Menyikapi hal tersebut, Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana (Undana) menggagas program Workshop Kewirausahaan dan Persiapan Memasuki Dunia Kerja dengan tema “Kreatif Wirausaha Berbasis Digital” sebagai langkah konkrit kampus dalam memfasilitasi dan membekali mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebagai calon wirausahawan startup yang handal.

Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Oktober 2022, bertempat di Aula Rektorat Lantai 3 Universitas Nusa Cendana. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknik Undana, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Sains dan Teknik, koordinator Program Studi, Bapak/Ibu Dosen serta mahasiswa Fakultas Sains dan Teknik Undana. Adapun beberapa materi yang dibawakan dalam workshop tersebut yaitu mengenai Pengelolaan Pertanian Modern dengan pemateri Gestianus Sino, SP, materi Daur Ulang Sampah dengan pemateri Joseph Leonard Kale, materi Digital Marketing dengan pemateri Zacharias Yezua Matias Therik, serta materi Manajemen Keuangan dengan pemeteri Resvina Sitomorang, M.Si.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu memperkenalkan startup kepada mahasiswa, membekali mahasiswa dengan ide kewirausahaan yang dapat dikembangkan untuk startup serta mmbekali mahasiswa tahapan startup kewirausahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »