Kurikulum dan Mata Kuliah Pend. Ekonomi

KURIKULUM DAN MATA KULIAH PRODI PENDIDIKAN EKONOMI

KURIKULUM

Kurikulum berbasis KKNI kini berjumlah 144 SKS. Seluruh MK yang terdaftar di e—learning telah disediakan bahan pembelajaran namun dalam pelaksanaan praktikum masih dilakukan secara daring [siaran langsung] karena kondisinya Covid—19. Pertemuan sebanyak 16 kali dalam semester yang kini masih berlangsung daring namun tidak mengurangi   kualitas  penyerapan  materi meskipun mengalami kendala dalam urusan signal dan listrik.

Mengapa KKNI? Paling kurang ada dua alasan, yaitu alasan eksternal dan alasan internal. Alasan eksternal jelas bagi Indonesia yaitu adanya berbagai tantangan dan persaingan global di samping karena Indonesia secara aktif menjadi anggota berbagai “paguyuban” internasional baik antar sesama negara Asean maupun dengan negara-negara lain di dunia dengan turut menandatangani berbagai konvensi internasional.

KONSENTRASI / BIDANG MINAT PRODI PENDIDIKAN EKONOMI

Program studi Pendidikan ekonomi merupakan program studi Kependidikan yang memiliki  (2) dua Konsentrasi yaitu Pendidikan Akuntansi dan Pendidikan Manajemen. Dengan program studi ini kita dapat berbicara efektif dalam dunia bisnis , selain dalam bisnis, kita dapat belajar untuk mengembangkan sikap dan jiwa kewirausahaan. Fakultas keguruan dan  ilmu pendidikan ini mengajarkan kita untuk menjadi guru yang baik, guru yang bermutu serta dapat mengembangkan kecerdasan anak

Pendidikan Ekonomi Menghasilkan pendidik yang memiliki kemampuan dalam : Menjalankan kewajibannya sebagai guru, berkepribadian, menjadi teladan dan bagi peserta didik dan masyarakat, Melaksanakan tugas sebagai guru ekonomi yang menguasai materi ajar dan mampu mengelola pembelajaran yang bermakna, kritis, kreatif dan inovatif, Melakukan kegiatan di luar bidang keguruan , seperti perkoperasia, di BUMN, perusahaan swasta, PNS, dan berwirausaha, Mengembangkan kelimuan untuk kepemtingan pembelajaran dan penelitian, Mensosialisasikan ilmu pengetahuan untuk bekepentingan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Selain kita mempunyai bekal dalam menjadi guru dan mencerdaskan anak bangsa, kita juga dibekali mempunyai jiwa kwirausahaan.

Dalam program studi pendidikan ekonomi ini,mahasiswa akan dibentuk menjadi guru ekonomi, Seorang guru ekonomi selain harus menguasai materi bidang studi ekonomi (kemampuan akademis), juga harus memiliki keterampilan profesi sebagai pendidik (kemampuan profesi). Kedua hal ini merupakan keharusan agar ia menjadi guru yang profesional, sehingga dalam setiap pembelajaran yang dilakukannya efektif dan optimal. Apalagi diberlakukannya kurikulum 2015,  menuntut guru kreatif dan inovatif menciptakan kondisi yang kondusif sehingga peserta didik dapat mengembangkan kreativitasnya. Guru yang diharapkan adalah guru yang menguasai dan memahami materi pelajaran , menyukai materi ajar yang menjadi tugasnya dan menyukai pekerjaan mengajar sebagai suatu profesi, memahami peserta didik harus lebih aktif di dalam kelas, selalu mengikuti perkembangan pengetahuan mutakhir, selalu mempersiapkan proses pembelajaran, serta mendorong peserta didiknya untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Dala system pembelajaran ini , kita ditekankan dalam pengantar ilmu pendidikan, pengantar peserta didik, yang dalam pembelajarannya terdapat perkembangan anak, kebutuhan sosiologi, dan metal anak, karena pada dasarnya kita mempelajari lmu pendidikan.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

MATA KULIAH

en_USEnglish