Kompetisi Bidang Ketenikan Fakultas Sains dan Teknik UndanaTAHUN 2022

Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendara menyelengarakan Kegiatan Kompetisi Bidang Keteknikan (KBK), pada tanggal 28 April 2022, pada pukul 08.00 sampai selesai, bertempat di Aula Retorat Lantai 3 Universitas Nusa Cendana kupang. Kegiatan kompetisi ini mengusung tema :

Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Bebasis Keunggulan Lokal Pertanian, Lahan Kering, Pariwisata, Perikanan dan Kelauatan

Kegiatan kompetisi ini di buka oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknik Dr. Drs. Hery Leo Sianturi, M.Si selaku penangung jawab. Ketua dari Kegiatan ini adalah Dr. Yunita A. Messah, ST., MT dengan Sekretaris Sarlince O. Manu, ST., MT. Adapun Tim juri dari kegiatan kompetisi ini adalah Ika. F. Krisnasiwi, S.Si., M. Sc, Dr. Jahirwan Ut Jasron, ST., MT, Dr. Linda W. Fanggidae, ST., MT, Rima Nindia Selan, ST., MT, Dr. Sudirman, ST., MT dan Dr. Partogi H. Simatupang, ST., MT. Kegiatan kompetisi inidiikuti oleh 6 program studi keteknikan yang ada di Fakultas Sains dan Teknik Undana, Yaitu Program Studi Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Arsitek, Teknik Pertambangan dan Teknik Pembuatan Tenun Ikat.

Dari Hasil seleksi oleh Tim Juri diperoleh 4 tim yang masuk ke Babak Final yaitu Tim 2 dengan judul : Rancang Bangun Mesin Pembuat Pewarna Alami Tenunan NTT.

Tujuan dari pembuatan alat ini adalah untuk meningkatakan produktifitas pengrajin tenunan di NTT yang memanfaatkan pewarna alami sebagai pewarna utama sehingga mempermuda proses penghasilan produk yang efektif dan efisien.

Tim 3 dengan judul : Rancang Bangun Sistem Pembersih Sampah Laut

Fungsi dari alat yang dirancang ini adalah yang paling utama yakni membersihkan sampah-sampah yang terapung diatas permukaan laut, baik sampah organik maupun anorganik yang berada di sekitar alat ini bekerja.

Tim 4 dengan Judul Perancangan Gerbang Flobamora dengan Konsep Analogi di Kota Kupang

Tujuan perancangan ini adalah : Menyediakan fasilitas rekreasi yang lengkap, memberikan kesan penyambutan kepada para wisatawan yang
berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, dan diharapkan dengan adanya perancangan ini meningkatnya pengatahuan masyarakat atas pentingnya nilai – nilai budaya yang ada didaerah Nusa Tenggara Timur.

Tim 5 dengan judul : Mesin Automatic Udang Vaname

Fungi Automatic Feeder : untuk budidaya udang vaname merupakan sebuah solusi untuk membantu nelayan tambak udang dalam mengembangbiakan udang vaname secara baik. Tidak seperti pemberian makan manual, pemberian makan otomatis membantu tidak hanya mengelola pemberian makan dengan lebih efisien, mengurangi sisa pakan, tetapi juga menghemat biaya tenaga kerja. pemberi pakan otomatis mana pun menjawab pertanyaan tentang mengoptimalkan pengelolaan pakan secara efisien, rasio konversi pakan (FCR) rendah, mengurangi biaya, mendapatkan lebih banyak produktivitas, dan memaksimalkan keuntungan dengan tenaga kerja minimal. Ini menentukan hubungan antara kuantitas pakan dan distribusi pakan yang efektif tanpa mengganggu praktik pemberian pakan.

Dari hasil keseluruhan penilain Tim juri diperoleh Juara I : Tim 5, Juara II : Tim 4, Juara III : Tim 3 dan Juara IV : Tim 2.

Semoga dengan adanya kegiatan kompetisi ini diharapkan mahasiswa mampu untuk memiliki ide- ide berkreatif dalam menghasilkan sesuatu yang bisa berguna dan bermanfaat bagi banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *