Sambutan Dekan,

Shalom, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu, om swastiastu, namo buddhaya, salve, salam kebajikan dan salam sejahtera !

Salam hormat.

Selamat datang di website resmi Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana.

Fakultas Sains dan Teknik Undana merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Nusa Cendana yang resmi berdiri berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2006. Pendirian Fakultas Sains dan Teknik Undana merupakan hasil penggabungan Fakultas MIPA dan Fakultas Teknik. Adapun landasan pembentukan Fakultas Sains dan Teknik Undana pada saat itu adalah adanya tuntutan agar dilakukannya percepatan pengembangan sains dan teknik di daerah Nusa Tenggara Timur sesuai kapasitas keilmuan dengan memanfaatkan potensi unggulan dan sumberdaya yang tersedia di tingkat lokal.  Keberadaan Fakultas Sains dan Teknik Undana diharapkan memberikan dampak positif bagi masyarakat terutama dalam melahirkan pemikir, penggerak, pelaksana dan pelaku usaha yang profesional dalam bidang sains dan engineering, yang dapat bekerja sesuai dengan bidang keahliannya. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang ada, diharapkan mereka juga mampu menjadi motor penggerak dalam memanfaatkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan memberikan dampak positif kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Fakultas Sains dan Teknik Undana  memiliki visi “Menjadi  Pusat Unggulan dalam Bidang Sains dan Teknologi yang Berdaya Saing Global”, dan Misi  adalah: (a) Melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang bermutu, adil dan berdaya saing secara konsisten dalam bidang sains dan teknologi dengan mengandalkan pola ilmiah pokok pengembangan kawasan lahan kering kepulauan dan pariwisata yang berdaya saing dan berkelanjutan; (b) Meningkatkan mutu sumber daya dan terwujudnya fakultas yang memiliki tata kelola yang baik (good faculty governance) guna mewujudkan masyarakat akademik, yang bertanggung jawab dalam memecahkan berbagai persoalan bangsa dan negara; (c) Mendorong desentralisasi penyelenggaraan pendidikan dengan menempatkan program studi sebagai ujung tombak pelayanan yang berkualitas prima untuk menghasilkan lulusan bidang sains dan teknologi yang berdaya saing; (d) Membangun masyarakat akademis yang bertanggung jawab, berprestasi dan berdaya saing pada bidang sains dan teknologi dengan fokus pada pengembangan kawasan lahan kering kepulauan dan kepariwisataan yang berdaya saing dan berkelanjutan.

Fakultas Sains dan Teknik Undana merupakan fakultas ke-7 (tujuh) di Undana dan saat ini memiliki 11 (sebelas) program studi, dimana 5 (lima) program studi merupakan program studi keilmuan Sains dan 6 (enam) program studi lainnya merupakan program studi keilmuan Teknik. Program studi keilmuan Sains terdiri atas program studi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Ilmu Komputer yang berperan mengembangkan ilmu dasar (basic science), dan program studi keilmuan Teknik terdiri atas program studi Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Arsitektur, Teknik Pertambangan dan Teknik Pembuatan Tenun Ikat yang memiliki peran mengembangkan ilmu terapan (applied science) khususnya dalam bidang teknologi dan rekayasa.

Sebagai salah satu unit kerja di lingkup Universitas Nusa Cendana (Undana), perkembangan Fakultas Sains dan Teknik Undana sekarang ini cukup baik. Hal ini terlihat dari masih tingginya minat lulusan SMU/sederajad memilih program studi di Fakultas Sains dan Teknik Undana sebagai tempat melanjutkan pendidikan kesarjanaan. Mutu lulusan yang berkualitas dan tersedianya program studi yang bidang keilmuaannya masih dibutuhkan pasar kerja merupakan alasan utama tingginya peminatan calon mahasiswa menjadi mahasiswa di fakultas ini. Data jumlah mahasiswa Fakultas Sains Teknik Undana sampai akhir Desember 2020 berjumlah 4604 orang. Kondisi ini tentunya mendorong  Fakultas Sains dan Teknik untuk selalu melakukan peningkatan pelayanan melalui peningkatan kinerja baik kinerja individu maupun kinerja institusi. Upaya peningkatan pelayanan tersebut telah dan akan terus dilakukan. Saat ini jumlah dosen Fakultas Sains dan Teknik Undana berjumlah 176 orang, yang terbagi atas 169 orang dosen ASN dan 7 orang dosen kontrak, serta tenaga kependidikan sebanyak 39 orang yang terbagi atas staf administrasi ASN berjumlah 22 orang dan kontrak berjumlah 17 orang dan juga didukung oleh sarana prasarana pendidikan yang memadai.

Kami berharap website ini dapat memberikan gambaran umum tentang Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana.

Salam….

Dekan,

Dr. Drs. Hery Leo Sianturi, M.Si
NIP. 196512051991031006