Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Program Sarjana Tingkat Fakultas Sains dan Teknik Undana Tahun 2024

Mahasiswa sebagai insan dewasa harus dapat mengembangkan potensi secara maksimal agar dapat memenuhi tuntutan sebagaimana diuraikan di dalam tujuan pendidikan tinggi yaitu mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya, sehingga nantinya sebagai lulusan mampu menguasai cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa. Mahasiswa pada era saat ini diharapkan memiliki kecerdasan komprehensif, yang tidak hanya didapatkan atau menekuni ilmu dalam bidangnya saja (hardskill), tetapi juga harus beraktivitas untuk mengembangkan soft skills-nya.
Namun, tidak semua mahasiswa mau dan mampu untuk menjadi pembelajar yang sukses. Seringkali mahasiswa dengan nilai akademik yang tinggi tidak memanfaatkan peluang untuk menggunakan waktunya dalam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. Sebaliknya mahasiswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan kegiatan pengembangan soft skills tidak memperoleh nilai akademik yang tinggi. Sementara itu, dalam era persaingan bebas dibutuhkan lulusan yang memiliki hard skills dan soft skills yang seimbang. Oleh karenanya di tiap perguruan tinggi perlu melakukan identifikasi mahasiswa yang berprestasi di kedua kompetensi itu dan yang terbaik perlu diberi penghargaan sebagai mahasiswa yang berprestasi.
Untuk mendorong hal tersebut Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana (Undana) setiap tahun menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi yaitu sebuah kegiatan untuk memilih atau mencari dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

Untuk tahun 2024 dilaksanakan pada tanggal 07 Maret 2024, bertempat di Ruangan Rapat Fakultas Sains dan Teknik Undana, Pukul 08.00 WITA-selesai. Peserta Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Fakultas Sains dan Teknik Undana Tahun 2024 berjumlah 6 (enam) orang berasal dari program studi Matematika, Kimia, Biologi, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Sipil, sementara program studi yang tidak mengirim wakilnya adalah program studi Ilmu Komputer, Fisika, Teknik Pertambangan, Arsitektur dan Teknik Pembuatan Tenun Ikat. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Program Sarjana Tingkat Fakultas Sains dan Teknik Undana Tahun 2024 dilakukan dengan menilai presentasi dan kemampuan mempertanggungjawabkan karya tulis peserta baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, wawancara dan klarifikasi kemampuan prestasi yang diunggulkan serta pengamatan terhadap kepribadian peserta.

Penilaian/penjurian terhadap hasil presentasi dan tanya jawab karya tulis peserta baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, wawancara dan klarifikasi kemampuan prestasi yang diunggulkan serta pengamatan terhadap kepribadian peserta. Dari 6 (enam) peserta ditentukan 1 (satu) orang pemenang sebagai pemenang pertama yang mewakili fakultas dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Program Sarjana Tingkat Universitas Tahun 2024. Adapun Pemenang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Program Sarjana tingkat Fakultas Sains dan Teknik Undana Tahun 2024 sebagai berikut : Juara I : Junita C. Soewonasono (2106040034) dari Program Studi Matematika, Juara II : Beby Gracia Elim (2106070004) dari Program Studi Kimia dan Juara III : Paulus R. A. Ully (2206030012) dari Program Studi Teknik Elektro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish